MUSRENBANG DESA METESEH DALAM PENYUSUNAN RKP DESA TA 2023 DAN DU RKP DESA TA 2024

Meteseh, Boja, Kendal- malam  Selasa, 5 September 2022 Pukul 19.30 WIB dilaksankan Musrenbang Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2023. Dalam acara itu dipimpin oleh Kepala  Desa Meteseh, Bapak Sisyanto, S.Sos. 

Sudah menjadi jadwal rutin Desa, Musrenbang Desa  ini dilakukan setiap tahun dalam rangka Penyusunan RKP Desa TA 2023 dan DU-RKP Desa TA 2024. hanya saja jadwal musrenbang Desa ini sebelumnya dilaksanakan di awal bulan Januari, namun per tahun 2022 ini, pelaksanaan Musrenbangdesa dilaksanakan di bulan September menyeseuaikan aturan terbaru yakni Permendesa no.21 tahun 2020. dalam  kegiatan tersebut, hadir juga  Forkopincam Boja , BPD, RT, RW Tokoh Masyarakat, PKK, Karang taruna, juga Pendamping Lokal Desa Meteseh, Elok Ilma.

Dalam sambutannya, Bapak Camat Boja menyampaikan bahwa dalam penyusunan RKP Desa ini harus berpedoman pada RPJM Desa, RKP Desa tahun lalu yang terkena refocusing anggaran karena salah satu syarat pembangunan Desa ini adalah konsistensi. apa yang dilaksanakan dalam pembangunan adalah yang dirumuskan dalam RPJM Desa sesuai Visi Misi Kepala Desa. menjadi keliru jika setiap kali penyusunan RKP Desa harus menggali usulan-usulan baru. 

Adapun Elok Ilma, selaku pendamping lokal Desa juga menambahkan dan membenarkan apa yang disampaikan oleh bapak camat. Namun juga menerangkan bahwa acuan dalam penyusunan RKP Desa dan DU-RKP Desa ini harus mengacu dari IDM, hasil rembug stunting, prodeskel serta mengacu pada inpres nomor 04 tahun 2022 kaitannya dengan Dana Desa.

setelah pemaparan rancangan  RKP Desa oleh Sekdes dan Kaur Perencanaan, maka dibuka sesi diskusi yang sangat interaktif, diantaranya membahas beberapa hal yakni, BUM Desa, sinang sinok Desa Meteseh, Aplikasi Kependudukan Desa yang disampaikan oleh BPD.

Menariknya, musrenbang Desa kali ini ada ruang untuk pemuda-pemudi berprestasi Desa meteseh untuk menyampaikan gagasan-gasan briliannya untuk dimasukkan dalam program kerja. desa kemudian memilah program yang bisa masuk dalam APB Desa


Dipost : 2022-09-20 13:21:28 | Dilihat : 170